(Bagian Pertama) Sejarah Munculnya Permainan Domino


Rincian yang tepat dari penemuan dan asal domino88 tunduk pada banyak dugaan, tetapi oleh siapa pun dan di mana pun mereka pertama kali dikembangkan, mereka telah menjadi salah satu alat permainan yang paling populer dan serbaguna yang pernah dibuat oleh manusia, dimainkan oleh para raja, presiden dan rakyat jelata, di seluruh dunia.

Penemuan domino paling sering dikaitkan dengan Kerajaan Cina pada abad ke-12. Tetapi beberapa atribut asal mereka dartang Mesir dan Asia dari waktu yang jauh lebih awal dalam sejarah. Mungkin set domino paling awal ditemukan di makam Raja Mesir Kuno Tutankhamen di Thebes. Tutankhamen berkuasa atas dinasti ke-18 Mesir, sekitar 1355 SM, dan set yang ditemukan sekarang dipajang di museum Mesir di Kairo. Set domino Cina paling awal yang diketahui berasal dari tahun 1120 AD. Tentu saja, ada kemungkinan bahwa domino, seperti dadu biasa, dikembangkan secara independen oleh sejumlah budaya yang berbeda di seluruh dunia pada berbagai waktu yang berbeda dalam sejarah umat manusia.

Sejarah Tiongkok menghubungkan sejumlah catatan yang berbeda dari penemuan domino88, jadi mungkin semuanya berdasarkan legenda dan tidak ada yang dapat dianggap sebagai versi yang definitif dan benar dari asal muasal mereka. Menurut beberapa akun historis Cina, seorang prajurit gagah berani bernama Hung Ming (181 - 234 AD) membuat domino untuk membantu menjaga tentaranya terjaga selama jam jaga malam ketika berkemah sebelum pertempuran. Yang lain menyatakan bahwa Keung T'ai Kung menciptakannya pada abad ke-12.

Sebuah catatan sejarah Cina yang disebut Chu sz Yam ("Investigasi pada Tradisi Segala Sesuatu") menyatakan bahwa mereka diciptakan oleh seorang bangsawan yang kemudian menyerahkannya kepada Kaisar Cina Hui Tsung yang putranya Kao Tsung (1127 - 1160 M) kemudian membuatnya terkenal dan beredar ke luar negeri. Tak satu pun dari akun ini dapat dianggap sebagai versi kredibel dari asal muasal domino.

0 comments:

Post a Comment