(Bagian Kedua) Sejarah Munculnya Permainan Domino


Domino tidak muncul di bagian dunia sebelah barat sampai awal abad ke-18 ketika mereka pertama kali tercatat di wilayah Italia. Telah disarankan bahwa dominoqq tiba di Italia melalui rute perdagangan dari Timur Jauh, tetapi tidak ada yang tahu ini pasti dari mana asalanya. Permainan ini kemudian menyebar ke seluruh Eropa, kemudian ke Inggris, dan dari sana ke Amerika Serikat. 

Salah satu permainan tertua di dunia ini tiba di Inggris pada akhir abad ke-18, kemungkinan diimpor oleh tawanan perang Prancis yang saat itu kalah dalam perang dengan British Empire, dan dengan cepat menjadi permainan yang sangat populer di tempat penginapan tradisional dan tempat minum bir pada waktu itu.

Kata "domino" dianggap berasal dari bintik-bintik hitam kontras pada latar belakang putih yang mengingatkan pada semacam tudung hitam yang dipakai oleh para pendeta Kristen di Eropa yang secara tradisional juga disebut "domino". Nama ini pada dasarnya berasal dari kata Latin "dominus", yang berarti "tuan" atau "master".

Domino memiliki hubungan yang tidak jauh dengan standar dadu yang biasa dilihat, dan diperkirakan bahwa siapa pun yang menemukan mereka mengambil inspirasi dari dadu bertanda yang tentu saja mendahului mereka. Kemiripan antara domino dan dadu adalah nilai-nilai tak terlihat yang ditemukan di kedua alat game dengan domino yang membawa semua kombinasi yang mungkin dari dua dadu yang terlihat. 

Penomoran tile tanah liat digunakan oleh orang Babel dalam akuntansi bisnis mereka, dan mereka juga sangat mungkin bisa saja menjadi pelopor domino di era tersebut. Tidak perlu banyak imajinasi untuk melihat dadu yang digunakan dalam permainan disilangkan dengan tile akuntansi yang digunakan untuk bisnis, untuk menghasilkan domino.

Hari ini, domino, dalam satu bentuk atau lainnya, dimainkan di seluruh dunia tetapi paling populer di negara-negara Amerika Selatan dan Karibia di mana mereka dianggap sebagai permainan nasional banyak negara. Permainan ini juga telah merambah dunia digital dengan banyak situs-situs seperti dominoqq yang menyediakan fasilitas untuk bermain permainan tersebut.

0 comments:

Post a Comment